Perawatan Kulit Wajah Kering Sensitif

by Wita Kusmiati , at 15.31 , has 0 komentar
"Perawatan Kulit Wajah Kering Sensitif" merupakan kata kunci utama perawatan wajah. Kondisi ini merpakan hal yang bisa terjadi pada siapapun, pria atau wanita. Dan gejala ini namapak ada dan sering terjadi bukan hanya pada orang dewasa bahkan pada kulit muda-mudi belia.

Merawat Kulit Wajah Kering Sensitif bukanlah perkara gampang. Ini tidak boleh dikerjakan tanpa keseriusan. Jangan pula dibiarkan kulit wajah menjadi kering dan sangat sensitif. Dengan begitu anda akan semakin semangat dan percaya diri dengan wajah sehat anda.

Cara merawat "Kulit Wajah Kering Sensitif"

Ciri-Ciri Kulit Wajah Kering Sensitif

Baik mari kita memperhatikan ciri-ciri kulit wajah kering. Sebenarnya kita dapat merasakannya pada wajah kita. Kulinya akan terasa tidak lentur dan bila diraba teksturnya kasar. Maka Kulit kering ini merupakan tahapan yang bisa merembet pada keluhan kulit yang lain, seperti kulit kasar, tegang, dan pecah-pecah.

Dalam situs http://webkesehatan.com disebutkan ciri-ciri kulit kering. Diantara ciri-ciri tersebut adalah; • Pori-pori kulit sangat halus dan cenderung tidak terlihat, kemudian produksi minyak dan air dalam kulit sangat rendah sehingga ini menyebabkan kulit terlihat dehidrasi atau kekurangan air.

Selanjutnya di antara tanda-tanda lain bagi tipe kulit ini adalah kulit kering akan sangat mudah terkelupas tidak beraturan dan tegang. Kemudian tipe kulit ini sangat mudah timbulnya bekas-bekas noda yang menghitam, terjadi keriput, dan garis-garis halus yang diakibatkan oleh strukur kulit yang kurang elastsis. Selain itu raut wajah menjadi cenderung kusam, tidak bercahaya dan tidak segar.

Sedangkan ciri-ciri kulit wajah sensitif bisa dibaca pada satu situs on line yang membahas tentang ini. Dalam situs www.femina.co.id dijelaskan secara detail ciri-ciri khas kulit kering ini. di dalam linknya situs ini melaporkan hasil wawancara dengan dr. Eddy Karta, SpKK. Secara singkat Ciri-ciri kulit kering di antaranya;

Pertama, Mudah bereaksi dengan lingkungan
Maksudnya reaksi yang negatif yang merupakan salah satu tanda adaftasi yang tidak maksimal dengan lingkungan sekitar sehingga terjadi reaksi yang tidak baik. Kondisi yang bisa mempengaruhinya seperti cuaca, perubahan suhu udara, pencemaran udara, penggunaan kosmetik yang berbahan zat kimia dan perawatan kecantikan.

Kedua, sering mengalami iritasi, bercak-bercak merah, gatal, kencang, terkadang terasa panas, menyengat seperti terbakar.

Ketiga, kasar dan seperti bersisik, kasar, teksturnya tidak lembut.

Keempat, bekas luka, jerawat, atau vlek susah sekali hilang. Nah itu salah satu tanda kulit yang sensitif.

Kelima, kulit sensitif terlihat tipis.

Keenam, setelah dicuci dengan sabun wajah atau bahkan sesaat setelah dicuci wajah terlihat memerah seperti iritasi.

Ketujuh, sering menglami alergi, terjadi jerawat, vlek, dan gatal.

Cara Mengetahui Tipe Kulit Anda

Untuk mengetahui tipe kulit kita seharusnya dan lebih akurat harus memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Namun begitu ada cara sederhana yang dijelaskan dalam salah satu situs internet. Tips ini sangat mudah dilakukan.

OK sebelumnya kita harus tahu dulu bahwa kulit ada banyak tipenya. Ada yang normal, Kering, berminyak, dan lain-lain. Baik, langsung saja kita kerjakan tipsnya dari sebuah komunitas kesehatan dimulai dari diri sendiri di Facebook.

Sebelum melakukan pengamatan ini ada tidak boleh berada dalam ruangan AC selama kurang lebih 1,5 jam agar pengamatan maksimal, karena AC dapat mempengaruhi hasil pengamatan terutama pada kulit yang bertipe kulit kering. Terus anda tidak boleh mencuci wajah sebelum pengamatan ini. Jangan pergi ke luar rumah dan tidak boleh terpapar sinar matahari stidaknya 30 menit sebelum pengamatan.

Selanjutnya siapkan cermin yang bersih. Dan lalu tempelkan wajah anda, dahi, hidung, dan dagu ke cermin. Bila hasilnya tidak ada bekas minyak dicermin berarti kulit anda kering. Simpel sekali kan ...

Tipe kulit ini sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa jadi berminyak ataupun kering. Untuk itu, tekanlah wajah pada cermin dengan cukup lama. Bila Anda merasakan perih, maka jenis kulit Anda sensitif. Kulit jenis ini tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik.

Perawatan Kulit Wajah Kering

Pertama, Gunakanlah krim wajah yang sesuai dengan kulit anda. Konsultasikan dengan dokter kulit anda. Disarankan untuk tidak menggunakan cream atau pelembab wajah yang mengandung alcohol. Jangan menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia keras yang akan menambah kering dan rusaknya kulit anda. Cucilah bekas kosmetik di wajah anda sesaat setelah beraktifitas dan sebelum tidur.

Kedua, berikanlah vitamin.
Memberikan vitamin yang seimbang engan kebutuhan tubuh anda diyakini akan membuat kulit anda menjadi sehat dan cukup nutrisi.

Ketiga, Konsumsi buah dan sayur
Ini perlu sangat anda perhatikan. Carilah informasi tentang ini dengan baik dan lengap. Sayur dan buah sangat membantu bagi kesehatan dan regenerasi lapisan kulit anda.

Keempat, Olahraga teratur
Luangkan dan tetapkan dalam rencana kegiatan anda sehari-hari. jadikan kegiatan rutinitas wajib. Selain berguna bagi kesehatan kulit anda tentu sangat baik bagi kehidupan anda secara umum.

Kelima, Istirahat yang cukup
Kulit wajah adalah bagian yang palng terpengaruh bila kita kurang istirahat. Bukan hanya kering, sensitif, tentu yang lainnya akan tampak pula pada wajah yang kurang istirahat. Dengan cukup istirahat kulit wajah kita akan mengalami regenerasi yang optimal.

Keenam, mengkonsumsi air mineral yang cukup
Ini jangan sampai terlewatkan. Kurangnya asupan air ke dalam tubuh selain membuat kulit kering juga akan berakibat pada pertumbuhan penyakit yang ringan sampai berbahaya.


Yang akan kita lakukan adalah merawat kulit sensitif. Situs http://blog.shopious.com sangat baik ketika menjelaskan ini. anda bisa langsung merujuk ke alamat blog ini. Dan kita akan mengintip tips Perawatan Kulit Wajah Sensitif untuk melengkapi artikel "Perawatan Kulit Wajah Kering Sensitif" ini.

Dalam situs tersebut perawatan dimulai dengan pembersihan wajah yang sensitif tadi. Ada hal-hal penting yang sangat wajib anda kerjakan dan harus diperhatikan.


Pertama, gunakan pembersih wajah (cleanser)yang benar.
Konsultasikan pada dokter anda dan lakukan pemeriksaan intensif. Kemudian hal lain yang harus anda lakuakan adalah mencari informasi produk sabun khusus wajag yang benar. Sabun khusus wajah ini tidak mengandung bahan-bahan kimia yang keras seperti detergen, tidak juga mengandung asam/ acid, dan wewangian. Jangan terlalu sering munggunakan scrub wajah. Gunakanlah bahan-bahan alami bagi perawatan kulit sensitif anda.

Kedua, gunakan pelembab.
Dalam memakai pelembab ini harus diperhatikan hal-hal berikut ini. Cari informasi produk pelembab yang baik dan benar. Konsultasikan dengan dokter anda. Tes dan cobalah gunakan pada sebagian kulit anda sebelum digunakan pada keseluruhan kulit. Bila terjadi iritasi maka hentikan segera. Anda bisa menggunakan salep, krim atau lotion. Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya dan wewangian. Disarankan menggunakan produk yang berbahan dasar alami.

Ketiga, Hindari paparan sinar matahari.

Kulit sensitif ini sangat rentan dan reaktif dengan paparan sinar matahari. Kita sangat perlu tahu bahwa ada sinar matahari yang berefek tidak baik bagi kesehatan kulit kita. Ada sinar Ultra Violet (UV) A yang menembus jauh e dalam kulit dan sinar Ultra Violet (UV) B yang membuat kulit terasa terbakar.

Sebaiknya sebelum keluar ruangan anda memakai pelembab dan sunblok untuk mengatasinya. Komposisinya harus mempertimbangkan bukan hanya sinar (UV) B saja namun juga UV A. Produk-produk yang bisa melindungi kulit sensitif dari UV A ini adalah yang mengandung zinc oxide, titanium dioksida dan Parsol 1789 (avobenzone).

Dalam menggunakan sunblok anda harus memperhatikan Sun Protektor Faktor yang ada dalam sebuah produk. Direkomendasikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari, menerapkan satu ons (29,5 mL) setiap dua jam.

Demikian tips dan cara Perawatan Kulit Wajah Kering Sensitif. Semoga bermanfaat.

Referensi:
https://web.facebook.com/KesehatanDiMulaiDariDiriSendiri/posts/362612173796014
http://101gayahidupsehat.com/jenis-kulit-wajah-dan-ciri-cirinya/
http://webkesehatan.com/tipe-kulit/
http://blog.shopious.com/tips-beauty-kecantikan/perawatan-kulit-wajah-kering-dan-gatal-karena-sensitif
http://www.femina.co.id/cantik/beauty.tips/ciri.khas.kulit.sensitif/002/005/311


Wita Kusmiati
About
Perawatan Kulit Wajah Kering Sensitif - written by Wita Kusmiati , published at 15.31 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Perawatan Kulit Wajah by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger